Resep Seblak Kuah Kerupuk Pedas dan Enak

Saat ini banyak jajanan yang menggiurkan dijajakan para pedagang, tak terkecuali seblak. Dikalangan anak muda atau remaja, seblak sudah menjadi jajanan yang wajib dinikmati terutama saat kumpul-kumpul bersama teman. Rasanya yang pedas-pedas gurih membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Jika dilihat dari komposisinya, seblak yang paling sederhana hanya berisikan kerupuk. Tapi hebatnya, jajanan ini semakin banyak digandrungi. 

 

         Pernahkah kita menelusuri asal-usul seblak itu sendiri? Untuk menambah wawasan, tidak ada salahnya jika kita bahas sedikit sejarah seblak. Sebenarnya seblak merupakan makanan khas Bandung. Seblak dikatakan mirip dengan makanan yang ada di Jawa Tengah bernama Krupuk Godog yang sudah ada puluhan tahun yang lalu bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia. Namun seblak sangat populer ditahun 2000an di dataran Sunda.

Ini dia bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat seblak kuah kerupuk yang spesial, pedas dan mantap.
- Kerupuk ikan/udang 100 gr
- Sosis ayam 3 buah dan potong-potong
- Bakso sapi 3 buah, potong-potong
- Sawi secukupnya
- Daun bawang 1 batang, iris tipis
- Garam dan merica secukupny
- Air 100ml
- Minyak goreng secukupnya
- Bawang goreng

Bahan untuk bumbu halusnya siapkan:
- Cabe rawit merah 8 buah (atau sesuai selera)
- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 2 siung
- Kencur 1cm

Cara membuat resep seblak kuah kerupuk spesial:
o    Rendam kerupuk selama beberapa menit agar tidak terlalu keras.
o    Haluskan semua bahan untuk bumbu halus. Bisa sampai benar-benar halus ataupun masih bertekstur kasar.
o    Panaskan wajan yang berisi minyak goreng secukupnya. Masukkan bumbu halus tadi sampai tercium bau harum.
o    Masukkan potongan sosis, bakso, serta kerupuk yang telah direndam sebelumnya kemudia aduk rata.
o    Tuangkan air sesuai selera. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Biarkan mendidih dan semua bahan sampai cukup matang
o    Tambahkan irisan daun bawang. Lalu aduk kembali sebentar dan angkat.
o    Seblak kuah spesial siap disajikan. Jangan lupa dengan taburan bawang gorengnya untuk menambah rasa yang gurih.

        Seblak adalah nama bumbunya yang terdiri dari campuran cabai dan kencur yang khas. Seblak memiliki banyak topping. Tapi yang paling populer adalah kerupuk. Bahkan sekarang sudah muncul pula seblak instan. Untuk variasi isian sebenarnya bisa menyesuaikan dengan selera. Selain sosis dan bakso, kita bisa menambahkan isian lainnya seperti makroni, mie glosor, batagor, cuanki, dan masih banyak pilihan lainnya. 

         Rasa dari seblak sendiri memang menarik. Ia bisa menyatu dengan bahan makanan apapun. Jadi tidak heran jika semakin banyak pedagang kreatif yang menawarkan varian isian yang begitu beragam untuk menarik konsumen. Namun seblak sebenarnya bukan jajanan yang sulit untuk dibuat karena kitapun bisa membuatnya sendiri dirumah.

         Sekarang sudah banyak varian seblak yang ditawarkan para pedagang. Seblak basah, seblak kering, sampai seblak kuahpun tersedia untuk menggoyang lidah. Seblak basah biasanya memiliki tekstur yang lembut namun tidak berkuah. Untuk seblak kering, teksturnya seperti kerupuk yang digoreng setengah matang. Sedangkan seblak kuah, teksturnya sudah pasti lembut dan berair karena kuahnya cukup banyak. Untuk anak muda, belum kekinian katanya kalau belum mencoba seblak. Namun untuk menjamin kebersihan dan kepuasan, akan lebih menyenangkan untuk mempraktekkan sendiri resep seblak kuah kerupuk seperti yang telah disebutkan diatas kemudian menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman disaat seblak masih panas. Yummy!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »