Resep Martabak Manis Bangka yang Mudah dan Enak

Siapa yang tak kenal dengan makanan manis nan legit, martabak. Dari dulu hingga sekarang, ia tetap menjadi makanan yang wajib disantap menjelang sore tiba. Dengan secangkir kopi atau teh, martabak dapat membuat hari kita menjadi lebih ceria. Tahukah kamu darimana asalnya martabak? Sebenarnya di Indonesia sendiri kita mengenal martabak dalam dua jenis yaitu martabak manis dan asin. Keduanya memiliki cita rasa yang khas. Namun martabak manis seringkali disebut juga dengan martabak bangka. Sehingga memang banyak yang mencari resep martabak manis bangka.

Resep Martabak Manis Bangka yang Mudah dan Enak - informasidia.blogspot.com

Martabak manis memang berasal dari Bangka Belitung. Nama aslinya yaitu Hok Lo pan. Banyak juga yang menyebutnya dengan kue terang bulan karena memang bentuknya yang bulat serta warnanya yang kuning dan mirip seperti bulan. Itulah asal mula martabak manis bangka. Untuk selanjutnya kita bahas resep dan cara membuatnya agar bisa dipraktekkan sendiri dirumah.

Bahan-bahan:
- Telur 2 butir
- Gula pasir 50 gr
- Air matang 700 ml
- Tepung terigu 500 gr
- Garam seperempat sendok teh
- Ragi instan 1 sendok teh
- Baking powder 1 sendok teh

Untuk topping:
- Keju cheddar
- Susu kental manis
- Gula pasir
- Meses
- Kacang
- dan lain-lain sesuai selera

Untuk pembuatan resep martabak manis bangka bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana dan mudah untuk dipraktekkan:

  • Siapkan wadah yang cukup besar kemudian tuangkan tepung terigu. Masukkan air sedikit demi sedikit dan campurkan rata bersama tepung terigu.
  • Masukkan telur secara utuh tanpa memisahkan kuning ataupun putihnya. Gunakan mixer untuk mencampurnya agar tercampur dengan baik.
  • Sambil diaduk dengan mixer, masukkan bahan-bahan lainnya seperti gula, garam, baking powder, dan ragi.
  • Teruskan mencampur adonan sampai benar-benar kalis. Pastikan bahwa tidak ada yang menggumpal pada adonan. 
  • Diamkan adonan selama kurang lebih satu jam dan tutup adonan tersebut dengan kain. Bisa juga menggunakan plastic wrap untuk memudahkan.
  • Setelah adonan siap, kita bisa memanaskan cetakan martabak atau teflon sampai benar-benar panas agar proses pematangannya bisa sempurna.
  • Setelah dirasa sudah panas, masukkan adonan martabak sesuai dengan ukuran teflon. Ketika martabak dirasa sudah mulai mengembang atau berbuih, kita bisa mengecilkan apinya sedikit. 
  • Setelah mengembang dan berbuih, taburkan gula pasir secukupnya sesuai selera dan berikan mentega diatasnya.
  • Setelah matang, biarkan martabak untuk tetap di teflon sambil ditutup agar ia dapat matang sempurna.
  • Setelah siap, angkat martabak, taburi dengan topping sesuai selera seperti parutan keju, kacang, susu kental manis dan meses. Olesi kulit martabak dengan mentega untuk kemudian dipotong-potong sesuai selera.  

Itulah informasi mengenai bahan-bahan dan cara membuat martabak manis bangka. Sebenarnya banyak pilihan toping yang bisa ditaburkan sesuai keinginan. Sekarang ini martabak memang banyak dijajakan di berbagai tempat dengan berbagai pilihan rasa. Namun tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri dirumah untuk keluarga tercinta. Selain bisa disesuaikan dengan selera sendiri, kebersihan selama proses pembuatan bisa lebih terjamin.

Menikmati martabak manis selagi panas memang akan memberikan kenikmatan tersendiri terlebih jika disantap dengan secangkir teh pahit. Namun jangan terlalu berlebihan juga dalam mengonsumsi makanan manis ini untuk tetap menjaga berat badan agar tidak melonjak drastis. Itulah resep martabak manis bangka yang sederhana dan mudah. Selamat mempraktekkan dirumah.

Share this

Related Posts

First