Resep Donat Kentang Yang Empuk dan Enak

Manis-manis bulat tengahnya apalagi kalau bukan si bundar donut. Makanan yang seringkali kita jumpai mulai dari warung kecil sampai toko kue besar ini memiliki rasa yang membuat ketagihan. Biasanya, donut berbahan dasar terigu. Namun kini trend donut berubah dengan menambahkan kentang sebagai salah satu bahan utamanya. Tak jarang banyak yang penasaran dengan resep donut kentang. Kelebihan donut kentang dari segi tekstur lebih ringan dan lebih empuk dibanding donut biasa.

Resep Donat Kentang Yang Empuk dan Enak 

Kentang sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengandung karbohidrat yang sama seperti nasi, kalori yang dimiliki kentang ternyata jauh lebih rendah sehingga banyak yang memanfaatkan kentang untuk membantu program diet. Selain rendah kalori, kentang kaya akan vitamin dan mineral. Serat yang terkandung didalam kentang juga terbilang tinggi dan bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Kentang baik juga untuk dikonsumsi penderita kolesterol. Selain itu, ia mengandung zat besi dan juga anti-inflamasi yang bermanfaat untuk tubuh.

Daripada berlama-lama, langsung saja kita simak cara membuat donut kentang yang empuk, enak dan sehat.
Bahan-bahan
- Tepung terigu 1/2 kg
- Kentang 1/4 kg
- Gula pasir 100 gr
- Mentega 1/4 kg
- Susu bubuk 3 sdm
- Air 100 ml
- Garam 1 sdt
- Ragi instan 11 gr
- Baking powder 1 sdt
- Minyak goreng

Untuk topping:
- Dark chocolate 100gr
- Margarin 2 sdm
- Meses
- Tepung gula

Cara membuat resep donut kentang:
  • Rebus kentang yang sudah dicuci dan dipotong-potong terlebih dahulu sebelumnya.
  • Setelah matang, angkat kentang, kupas dan haluskan sampai benar-benar halus merata. Menghaluskan   kentang bisa dilakukan dengan cara apapun baik itu diblender agar lebih cepat ataupun ditumbuk agar lebih praktis.
  • Siapkan wadah yang cukup besar kemudian masukkan kentang halus tadi bersama dengan tepung terigu, susu bubuk, gula, telur, ragi, dan baking powder. Lalu campurkan dan aduk hingga rata dan adonan menjadi setengah kalis.
  • Setelah setengah kalis, diamkan adonan selama kurang lebih setengah jam lamanya.
  • Setelah didiamkan, ambil kembali adonan dan tambahkan air, garam, dan mentega. Aduk kembali untuk mencampurkan adonan sampai kalis sempurna.
  • Ambil adonan dan bagi kedalam beberapa bentuk bulatan dan diamkan kembali agar mengembang.
  • Kemudian, donut bisa mulai dibentuk sesuai selera. Bisa bentuk bulat dengan bolong dibagian tengah, ataupun bentuk kotak dan bentuk-bentuk lainnya.
  • Selanjutnya, panaskan wajan yang berisi minyak goreng. Masukkan satu persatu adonan donut kedalam minyak panas. Goreng sampai berubah warna kuning kecoklatan.
  • Untuk dapat membentuk donut dengan bulatan ditengah yang sempurna, gunakan sumpit untuk membantu proses penggorengan.
  • Lalu buat topping dengan melelehkan coklat dengan campuran margarin. Setelah mencair, celupkan salah satu bagian donut kedalam lelehan coklat. Lalu taburkan meses. Bisa juga dengan hanya menaburkan gula tepung diatas donut untuk menambah rasa yang simple.

Itulah resep donut kentang yang simple namun menghasilkan donut yang empuk dan lezat untuk keluarga anda. Untuk topping, anda bisa menyesuaikannya sesuai selera. Selain meses, gula tepung, dan coklat, bisa juga menambahkan selai ataupun parutan keju. Apapun topingnya, donut kentang pasti akan terasa lezat. Donut juga cocok disantap dengan segelas susu, teh, ataupun kopi. Selain enak, donut kentang mengandung banyak nutrisi baik yang bermanfaat untuk mengingkatkan kesehatan tubuh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »