Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Mengandung tentunya bukanlah tanggung jawab yang mudah. Bagaimana tidak? Sang ibu harus memberi makan bukan hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga memberi makan bagi sijanin. Dan makanan yang dikonsumsi pun haruslah yang bergizi karena nutrisi yang terkandung didalam makanan akan terserap langsung dan menjadi makanan pokok bagi janin. Namun beberapa orang belum mengetahui apa saja Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil.  Berikut ini akan dibahas beberapa makanan yang baik bagi ibu hamil.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

1. Telur
Protein yang tinggi didalamkandungan telur inilah yang baik bagi ibu hamil karena tumbuh kembang janin sangat didominasi oleh protein yang masuk kedalam tubuhnya. Selain itu telur juga kaya akan vitamin dan mineral yang tentunya tidak saja baik untuk janin namun juga sangat baik bagi ibu. Karena bagaimanapun bila ibu sehat maka janin yang dikandung akan tumbuh dengan sehat pula. Selain itu bila fakta mengatakan bahwa telur merupakan makanan dengan kandungan kolestrol yang tinggi akan tetapi kolestrol yang dihasilkan oleh telur ini juga dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Namun Anda pun perlu mengontrol konsumsi telur setiap harinya agar kesehatan Anda tetap terjaga tentunya.

2. Salmon
Omega 3 yang terkandung didalam salmon tentunya akan mencerdaskan otak anak. Akan tetapi saat ini semakin kotornya laut karena dicemari oleh bahan bakar minyak maka banyak ikan yang mengandung merkuri. Dan hal tersebut dapat membahayakan janin bila mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri. Jadi bila Anda ingin mengkonsumsi salmon batasi jumlah konsumsi antara 10 hingga 12 ons ikan salmon selama satu minggu.

3. Kacang
Kacang merupakan suatu bahan pangan yang sudah terbukti manfaatnya. Kandungan protein serta seratnya membantu perkembangan janin serta serat tinggi yang dihasilkan oleh kacang-kacangan khususnya buncis dapat menghindarkan Anda para ibu hamil dari sembelit.

4. Ubi Jalar
Ubi Jalar yang baik bagi wanita adalah ubi jalar yang berwarna orange karena mempunyai zat karotenoid yang mampu menghasilkan vitamin A yang hanya akan diproduksi bila tubuh Anda membutuhkan vitamin A tersebut. Selain itu ubi jalar juga mengandung folat, kalsium serta vitamin C yang baik untuk perkembangan janin.

5. Biji-bijian
Biji-bijian seperti oatmeal ataupun roti gandum yang terbuat dari gandum utuh ternyata juga baik untuk kesehatan ibu hamil karena gandum utuh mengandung vitamin E serta fitonutrien yang dapat berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh Anda.

6. Walnut
Mungkin sebagian ibu hamil ketikan menjalani masa kehamilan alergi akan telur dan ikan namun masih tetap menginginkan bayi mereka mendapatkan asupan omega 3. Maka walnut salah satu penghasil omega 3 yang tinggi yang dapat mencerdaskan otak anak Anda kelak.

7. Yogurt
Yogurt adalah makanan yang sangat disukai oleh para ibu hamil karena memiliki rasa yang sedikit masam dan dapat menghilangkan rasa mual. Padahal yogurt juga mengandung protein selain itu yogurt biasanya digunakan untuk diet ibu hamil agar tetap memiliki tubuh indah biarpun sedang mengandung serta menjadi penyuplai kalsium agar tulang ibu dan janin terbentuk dengan baik.

8. Sayuran 
Sayuran sangat lah penting dan menu wajib bagi ibu hamil karena kandungan vitamin serta serat yang tentunya akan menyehatkan ibu dan janin yang dikandungnya. Tidak hanya itu saja sayuran juga dapat memperbaiki penglihatan Anda.

9. Daging yang tidak Mengandung Lemak
Memang cukup sulit bila Anda harus membeli daging yang terbebas dari lemak namun bila Anda terpaksa mengkonsumsi daging ada baiknya konsumsi daging dengan benar-benar matang karena daging yang mentah akan menimbulkan terdapat bakteri Salmonella didalam daging tersebut.

10. Buah-buahan
Mengkonsumsi buah secara rutin setiap harinya tentu akan lebih baik karena akan mendapatkan vitamin serta mineral secara alami tanpa mengkonsumsi suplemen. Karena mengkonsumsi buah secara langsung tidak hanya mendapatkan vitamin namun juga serat yang dihasilkan dapat menyehatkan pencernaan Anda.

Pada intinya semua makanan yang dikonsumsi ibu haruslah sehat dan seimbang serta sang ibu pun harus selalu gembira dan tidak tertekan karena itu akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »