Resep Ayam Bakar Bercita Rasa Manis dan Pedas

Ayam yang merupakan salah satu olahan terbaik dan termudah bisa disajikan menjadi ragam bentuk menu. Dimana-mana kita bisa menemukan ayam. Sup dan buburpun menggunakan suwiran daging ayam untuk menambah kenikmatannya. Tapi untuk para pecinta ayam, tentunya tidak bisa melewatkan menu khas dari resep ayam bakar. Rasa manis gurih serta aroma gosong hasil pemanggangan membuat keinginan untuk makanpun semakin menjadi. Ditambah lagi dengan lalapan dan sambal khas sunda yang membuat mata langsung segar kembali. 


Banyak macam dan varian dari ayam bakar itu sendiri. Ada ayam bakar madu, ayam bakar pedas, ayam bakar barbeque dan masih banyak lagi varian yang bisa kita nikmati di rumah makan ataupun restoran-restoran. Tapi kali ini kita akan memberikan cara membuat ayam bakar dengan cita rasa yang spesial karena ada rasa manis dan pedas yang ditawarkan dari menu makanan ini. Menu ini sangat cocok untuk menemani makan siang kita di musim penghujan seperti ini. Langsung saja kita bedah resepnya.

Bahan-bahan
- Ayam kampung/broiler dipotong beberapa bagian
- Daun salam 2 lembar
- Kecap manis 3 sdm
- Asam jawa 3 buah, peras
- Air 300ml

Bumbu yang dihaluskan:
- Cabai merah keriting 8 buah
- Bawang putih 5 siung
- Ketumbar 1/2 sdt
- Kunyit 1cm
- Jahe 2cm
- Lengkuas 2cm
- Garam secukupnya
- Gula pasir 1 sdt

Cara membuat resep ayam bakar manis pedas:
  • Haluskan semua bumbu yang telah disebutkan diatas sampai benar-benar halus agar mudah meresap.
  • Lumurkan bumbu halus tersebut pada potongan ayam sampai benar-benar rata. Diamkan ayam kira-kira 30-40 menit agar bumbu meresap.
  • Tambahkan daun salam, air asam, serta kecap pada ayam yang telah dilumuri bumbu tadi.
  • Tambahkan air dan ungkep daging ayam sampai benar-benar empuk dan semua bumbu meresap kedalamnya.
  • Jika airnya sudah menyusut, angkat ayam dan tiriskan.
  • Siapkan pemanggangan. Bakarlah ayam dan jangan lupa untuk terus dibolak-balik agar matangnya merata.
  • Ayam siap disajikan.

Ayam bakar manis pedas ini sangat cocok dinikmati selagi masih panas. Disantap dengan nasi putih dan lalapan akan menambah citarasanya. Karena ia sudah cukup pedas, kita tidak perlu menambahkan sambal. Tapi untuk anda para penggila pedas, bisa menambahkan sambal sesuka hati. Jika anda merasa bosan dengan menu ayam bakar yang itu-itu saja, bisa juga mencoba membuat ayam bakar madu. 

Untuk membuat ayam bakar madu, bumbu dasarnya sama saja dengan yang telah disebutkan diatas. Namun ada yang berbeda dengan proses pemanggangannya. Ketika memanggang ayam, anda bisa mengoleskan madu sambil dibolak-balik sampai madunya meresap kedalam ayam. Suara gemercik madu yang terpanggang pasti bisa membuat lidah kita tak sabar untuk menyantapnya. Ayam bakar madu ini biasanya disukai anak-anak. Namun, jika memang ingin menyajikannya untuk anak, pastikan untuk mengurangi jumlah cabai yang digunakan untuk bumbu halusnya. 

Membuat ayam bakar cukup mudah dan bisa divariasikan dengan berbagai macam saus seperti kecap, madu, barbeque, dan lain-lain. Semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan anda dan keluarga dirumah. Karena pada dasarnya ayam sudah matang ketika diungkep, anda tidak perlu berlama-lama membakarnya. Cukup sebentar saja untuk menghasilkan aroma gosong dan tekstur yang cripsy. Itulah resep ayam bakar manis pedas yang sederhana dan mudah. Selamat mencoba!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »