Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah

Apakah Anda pernah berkaca dan mendapati kulit Anda terlihat tua dan kusam? Tentunya hal tersebut akan membuat Anda segera melakukan berbagai macam upaya agar terlihat muda. Apalagi hal tersebut terjadi kepada para remaja. Tentunya mempunyai wajah yang terlihat tua akan mengurangi penampilan Anda dihadapan orang lain. Selain itu bila mengalami penuaan dini tentu Anda akan bertanya apakah penyebab penuaan yang Anda alami tersebut. Berikut akan dibahas Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah Anda.

Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah

1. Faktor Internal
Faktor internal disini merupakan faktor dari gen keturunan, kesehatan tubuh serta daya tahan tubuh terhadap penyakit. Faktor internal ini tidak dapat dihindari namun hanya dapat diperlambat dengan perawatan yang tepat dan harus dilakukan secara rutin tentunya. Selain itu bila Anda mengalami stress maka penuaan dini akan semakin terlihat. Jadi lebih baik hindari stres bila tidak ingin wajah Anda terlihat lebih tua bila dibandingkan dengan usia Anda.

2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan faktor penyebab terjadinya penuaan dini karena pengaruh dari luar. Berikut beberapa faktor penyebab penuaan dini secara eksternal.

a. Radikal bebas
Radikal bebas merupakan molekul yang sangat berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas pun terdiri dari berbagai macam bentuk seperti polusi udara yang disebabkan oleh sisa pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor, terkena sinar matahari secara langsung, memakai air yang terkena bahan kimia yang berbahaya serta cuaca yang berubah ubah dapat mengganggu tumbuhnya kolagen. Cara mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh yaitu dengan cara mengubah pola hidup yang lebih baik seperti mengkonsumsi sayur serta buah yang kaya vitamin setiap harinya. Juga tidak tidur larut malam ataupun mengkonsumsi alkohol.

b. Sinar Matahari
Karena saat ini kondisi iklim yang semakin buruk maka lebih baik Anda menggunakan sunblock ataupun pelindung tubuh bila akan keluar rumah karena terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat penuaan dini. Tidak dianjurkan Anda keluar ruangan pada pukul 11.00 hingga 15.00 karena paparan sinar  matahari pada jam tersebut sangat dapat membakar kulit Anda.

c. Kelembaban udara
Kelembaban udara tentunya juga mempengearuhi terjadinya penuaan dini, karena bila Anda berada didaerah tropis seperti Indonesia ini maka Anda akan mendapatkan kulit yang harus dijaga secara ekstra dengan mempertahankan kelembabannya. Selalu gunakan pelembab terutama bagian-bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian karena bila kulit Anda terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat berpotensi terkena penyakit kanker kulit. Untuk menghindari hal tersebut biarpun sudah menggunakan sunblock jangan terlalu lama berada dibawah paparan sinar matahari karena akan mengurangi kelembaban kulit Anda.

Tips Mencegah Penuaan Dini:
1. Gunakan sunblock ataupun pelembab lainnya yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung. Usahakan gunakan sunblock yang mengandung SPF tinggi.

2. Hindari makanan kemasan serta makanan siap saji. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena kandungan gizi didalam makanan olhan tersebut lebih banyak lemak jenuh serta bahan-bahan pengawet yang bila dikonsumsi secara terus menerus akan merugikan tubuh Anda. Ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kacang kedelai karena kandungan gizi didalam kacang kedelai sangat baik bagi tubuh dan ampuh mencegah penuaan dini. Serta jangan lupa selalu konsumsi air putih setidaknya 2liter setiap harinya.

3. Lakukan Olahraga secara rutin. Hal ini merupakan hal wajib karena bila Anda berolahraga rutin setiap harinya maka aliran darah akan menjadi lancar sehingga racun yang ada didalam tubuh akan keluar bersama keringat. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat cukup jogging ataupun bersepeda minimal 15 menit setiap harinya. Dan waktu melakukan olahraga yang tepat yaitu pagi hari karena udara yang dihasilkan dipagi hari pun masih sangat bersih.

Sekian artikel yang membahas tentang penuaan dini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »