Resep Membuat Martabak Telur Mudah dan Lezat

Berbicara tentang kuliner khas Indonesia, martabak pasti menjadi salah satu yang menjadi jajanan favorit. Dua citarasa yang tersedia pada martabak yaitu manis dan asin. Martabak manis biasanya disebut juga martabak bangka. Sedangkan untuk martabak asin sendiri, sebutan lainnya adalah martabak telor. Bagi yang sering jajan makanan ini, mungkin pernah terbersit pertanyaan apa resep martabak manis telor yang sering dijajakan penjual. Akan lebih menyennagkan jika kita membuatnya sendiri dirumah bukan?

Resep Membuat Martabak Telur Mudah dan Lezat

Mungkin bagi sebagian orang membuat jajanan dsendiri dirumah itu merepotkan. Namun ada berbagai keuntungan yang didapat. Pertama, kita bisa membuat dalam porsi yang lebih banyak. Kedua, kita bisa menghemat pengeluaran karena pasti berbeda dengan harga beli di penjual. Ketiga dan yang paling penting, kita bisa menjaga kebersihannya semaksimal mungkin. Kita yang membuat dan kita sendiri yang tahu seberapa bersih bahan yang kita siapkan dan juga proses pembuatannya. Baiklah, langsung saja kita bahas pembuatan martabak telor.

Ada 3 bahan yang harus disiapkan dalam proses pembuatan resep martabak manis telor yaitu bahan untuk kulit, isian, dan saos.
Kulit martabak
- Tepung terigu 100 gr
- Air matang secukupnya
- Telur 2 butir
- Margarin cair atau minyak 1 sdm
- Garam

Isian
- Daging giling 300 gr
- Telur 6 butir
- Irisan bawang bombay secukupnya
- Bawang putih 4 siung
- Daun bawang 4 batang
- Bubuk kari 1 sdm
- Merica dan Garam secukupnya

Saos
- Air matang 2 sdm
- kecap asin 2 sdm
- Saus tomat 1 sdm
- Irisan cabe atau rawit secukupnya
- Air asam jawa 1 sdm
- Gula pasir dan garam secukupnya.
- Campurkan semua bahan diatas dan sauspun siap.

Membuat kulitnya:
  1. Campurkan semua bahan untuk membuat kulit martabak sampai rata dan adonannya berubah menjadi kalis.
  2. Bagi adonan menjadi 2 bagian dan bulatkan kemudian rendam dengan minyak goreng. Diamkan selama 1 jam didalam rendaman tersebut.
  3. Angkat adonan yang terlumuri minyak dan pindahkan ke wadah lain. Tutup dan diamkan selama satu jam.

Membuat isiannya:
  1. Tumis bawang-bawangan dengan minyak panas. Masukkan daging giling, bubuk kari, merica, dan bubuhi garam secukupnya.
  2. Aduk dan masak sampai matang dan airnya menyusut. Kemudian, angkat dan bagi menjadi 2 bagian.
  3. Kocok telur sebanyak 4 butir kemudian sisihkan 2 sendok makan untuk kulit martabak nanti. Lalu buat telor orak arik untuk isian dan bagi kembali menjadi 2 bagian.

Membuat martabak
  1. Tipiskan masing-masing adonan.
  2. Campurkan kocokkan satu butir telur, daging giling, telor orak-arik, daun bawang, merica dan garam. Pastikan isiannya tercampur rata.
  3. Panaskan minyak pada wajan, masukkan kulit martabak dan isi tengahnya dengan isian tadi dan tutup dengan pinggiran kulitnya.
  4. Biarkan sampai warnanya kecoklatan. Dan jangan lupa untuk dibolak-balik agar matang sempurna.
  5. Angkat martabak dan disajikan beserta saus.

Cukup mudah bukan membuat resep martabak manis telor sendiri? Kita bisa menyajikannya disore atau pagi hari. Akan sangat menyenangkan untuk menikmati martabak spesial buatan sendiri dengan keluarga tercinta. Ini bisa menjadi alternatif cemilan dan bisa mengurangi keinginan jajan anak. Dengan begitu, kita bisa jajan enak dirumah dengan rasa yang tidak kalah nikmat dan lebih sehat tentunya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »