Resep Brownies Kukus Green Tea Yang Lembut

Brownies merupakan penganan manis, gurih dan lembut yang sangat cocok untuk dinikmati dengan teh hangat di sore hari. Jika berbicara tentang brownies, kita mungkin juga penasaran dengan asal mulanya sampai sekarang ia berkembang dan muncul juga resep brownies kukus. Banyak versi yang mengulas tentang sejarah brownies. Namun yang paling populer adalah bahwa brownies merupakan bolu coklat yang dibuat oleh koki yang lupa menambahkan bahan pengembang pada bolunya. Sehingga jadilah bentuk bolu yang agak bantet dan basah serta bertesktur lebih padat dari bolu yang seharusnya. Konon katanya brownies ini berasal dari negeri Paman Sam, Amerika.

Resep Brownies Kukus Green Tea Yang Lembut

Bagaimanapun dan seperti apapun sejarahnya, yang pasti saat ini brownies telah berkembang di Indonesia menjadi salah satu makanan manis yang digemari masyarakat. Ada dua jenis brownies yang saat ini berkembang yaitu brownies panggang dan brownies kukus. Selain proses pembuatannya, bahan yang digunakanpun mulai beragam. Meskipun brownies identik dengan rasa coklat yang kuat. Kini brownies bisa dinikmati dengan ragam varian rasa seperi keju, vanilla, dan greentea. Untuk kali ini kita akan memberikan tata cara membuat brownies kukus rasa greentea yang pastinya lembut dan super mantap.

- Putih telur 2 butir
- Gula pasir 125gr
- Kuning telur 4 butir
- Tepung terigu 25gr
- Coklat bubuk 25gr
- Cake emulsifier 1/2 sdt
- Mentega 50gr, lelehkan
- Baking powder 1/2 sdt
- Dark cooking coklat 500gr, lelehkan

Untuk lapisan greentea
- Kuning telur 4 butir
- Gula pasir 50gr
- Cake emulsifier 1sdt
- Putih telur 2 butir
- Tepung maizena 5gr
- Tepung terigu 50gr
- Mentega 25gr, lelehkan
- White cooking coklat 25 gr, lelehkan
- Bubuk greentea 2sdt
- Pewarna makanan warna hijau muda 4 tetes

Cara membuat resep brownies kukus greentea:
  • Pertama kita siapkan terlebih dahulu loyang dengan ukuran 30cmx30cm. Alasi dengan kertas roti dan olesi dengan margarin secukupnya.
  • Kedua membuat brownies. Kocok putih telur terlebih dahulu, lalu masukkan juga kuning telur dan gula. Tambahkan cake emulsifier lalu kocok kembali sampai mengembang.
  • Tambahkan baking powder, tepung terigu, dan coklat bubuk. Aduk hingga rata lalu tuangkan mentega serta lelehan dark coklat. Aduk rata kembali. Masukkan adonan pada loyang dan jangan terlalu penuh. Cukup memenuhi sampai setengahnya lalu kukus adonan selama 15 menit.
  • Sambil menunggu, kita buat adonan greentea. Kocok putih dan kuning telur serta gula pasir sampai lembut. Tambahkan cake emulsifier dan kocok kembali sampai mengembang lalu tambahkan bubuk greentea, tepung terigu, serta tepung maizena. Aduk kembali sampai rata lalu tambahkan mentega, white coklat, serta pewarna. Aduk kembali sampai benar-benar rata.
  • Tambahkan adonan greentea pada adonan brownies. Lalu kukus selama kurang lebih 20 sampai 25 menit. Setelah matang, angkat dan keluarkan dari loyang.
  • Potong-potong brownies menjadi beberapa bagian sesuai selera. Untuk menambah kenikmatan, bisa menambahkan parutan keju cheddar diatasnya.

Itulah resep brownies kukus greentea yang tidak hanya memberikan sensasi rasa coklat yang pekat namun juga greentea yang yang aromanya menggugah selera. Menikmati brownies kukus bersama keluarga tercinta sambil menikmati sejuknya cuaca disore hari dapat meningkatkan keharmonisan dan menambah keakraban. Itulah informasi seputar brownies yang tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »