Menu Lezat Dengan Resep Ayam Rica-Rica

Ayam merupakan primadona yang paling sering kita jumpai pada berbagai jenis masakan. Baik masakan internasional maupun masakan khas daerah, ayam selalu bisa berpadu dengan berbagai jenis bumbu. Maka tidak heran jika ayam menjadi salah satu komoditas bahan makanan yang paling dicari. Salah satu masakan ayam yang paling terkenal adalah resep ayam rica-rica. Rasa pedas yang khas dari menu masakan yang satu ini bisa menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan. 


Ayam rica-rica merupakan makanan khas asli Manado. Ciri khas dari makanan orang Manado memang biasanya bercita rasa pedas yang menggiurkan. Banyak restoran padang yang menyediakan menu ayam rica-rica karena memang penggemarnya bukan hanya datang dari Manado saja. Menu ini bahkan sudah banyak penggemarnya tidak peduli dari manapun asalnya. Rasa pedas pada ayam rica-rica berasal dari rempah-rempah alami seperti cabai dan jahe. Jadi, makanan ini pastinya cocok untuk disajikan untuk menu makan siang ataupun untuk menyambut tamu yang datang ke rumah.

Bahan yang dibutuhkan untuk resep ayam rica-rica seperti:
- Ayam kampung 1 ekor di potong-potong
- Air 800 ml
- Daun pandan 2 lembar
- Jeruk nipis 1 buah untuk diperas airnya
- Daun kemangi 30 gr
- Daun jeruk purut 10 lembar
- Daun bawang 4 batang, diiris tipis
- Gula dan garam secukupnya
- Minyak goreng 4 sdm

Untuk bumbu halusnya siapkan:
- Cabai rawit merah 5 buah
- Cabai merah keriting 10 buah
- Jahe 2cm
- Bawang putih 4 siung
- Bawang merah 12 buah
- Kemiri 4 butir
- Kunyit 1cm
- Serai 1 batang
- Lengkuas 1cm

Untuk membuatnya:
  • Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan air garam untuk menghilangkan bau amis dan agar bumbu lebih mudah meresap. Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Haluskan bahan-bahan untuk bumbu halus yang telah disiapkan. Bisa dengan ditumbuk ataupun dengan di blender. Pastikan untuk tidak membuatnya terlalu halus agar masih ada teksturnya.
  • Tumis bumbu halus sampai tercium bau wangi, kemudian masukkan daun pandan serta daun jeruk. Adukkan tumisan kemudian masukkan ayam dan tumis sampai ayam berubah warna kuning keemasan.
  • Tambahkan air hingga airnya terendam. Kemudian tambahkan garam dan gula secukupnya.
  • Aduk sesekali kemudian diamkan sampai ayam benar-benar empuk. Setelah mulai menyusut airnya, masukkan daun kemangi serta daun bawang. Tambahkan juga air perasan jeruk nipis untuk menciptakan rasa masam segar dan aroma yang nikmat.
  • Setelah airnya benar-benar sedikit, angkat ayamnya dan sajikan bersama nasi hangat.

Untuk level kepedasan sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera. Namun pastikan untuk berhati-hati karena tidak semua orang menyukai masakan pedas. Untuk anak-anak, sebaiknya komposisi jumlah cabai bisa dikurangi. Selain itu, bisa juga dengan memuang biji-biji cabai untuk mengurangi level pedasnya. Namun, jika anda ingin menyajikannya untuk para pecinta pedas, maka cabai bisa ditambahkan. 

Menikmati pedas gurihnya ayam rica-rica bersama nasi hangat memang tiada tara. Kini, anda tidak hanya bisa menikmatinya di restoran masakan padang. Anda bisa mengaplikasikan resep diatas dan dijamin, tidak akan ada kata gagal. Olahan ayam sangat jarang untuk gagal. Apalagi resep ayam rica-rica yang bisa terbilang cukup mudah. Bahan masakan yang diperlukan bisa dengan mudah didapat dimanapun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »