8 Makanan Penurun Kolesterol

Kolestrol merupakan suatu kata yang terbilang sudah akrab di telinga masyarakat. Kolestrol sendiri merupakan senyawa lemak yang terdapat didalam tubuh Manusia. Namun terjadinya penyakit kolestrol itu disebabkan karenanya tingginya kandungan lemak jahat didalam tubuh sehingga menjadi sumber masalah bagi tubuh Anda. Apa saja Makanan Penurun Kolestrol yang dapat Anda konsumsi secara mudah?

Makanan Penurun Kolestrol

1. Buah Tomat

Buah yang berwarna merah dan mempunyai rasa masam ini banyak ditemukan di pasar tradisional maupun swalayan modern. Harga yang ditawarkan pun terhitung murah sehingga banyak orang dapat membeli buah ini. Ditambah lagi buah ini sering dijadikan bumbu tambahan didalam masakan. Namun taukah Anda bahwa tomat merupakan Makanan Penurun Kolestrol? Kandungan oksida nitreat didalam buah ini membantu membersihkan plak yang ada di arteri sehingga kadar kolestrol mulai terjaga kembali. Cara mengkonsumsi buah ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu memakannya secara langsung sebagai lalapan atau dapat dijadikan jus yang menyegarkan.

2. Alpukat

Buah yang berwarna hijau dan berbentuk lonjong ini merupakan buah yang dapat memerangi lemak jahat yang terkandung didalam tubuh. Sehingga bagi Anda penderita kolestrol ada baiknya Anda mengkonsumsi alpukat untuk menetralkan kembali kadar kolestrol Anda.

3. Buah Anggur

Makanan Penurun Kolestrol yang berbentuk mulai kecil dan mempunyai rasa manis ini terkadang menjadi pilihan yang bijak bagi para penderita kolestrol karena buah ini mempunyai rasa yang enak sehingga untuk mengkonsumsinya secara rutin pun rasanya tidak akan jadi masalah bagi siapapun. Akan tetapi buah ini memang telah bukti dapat menurunkan kadar kolestrol didalam tubuh.

4. Bawang Putih

Rempah-rempah khas Indonesia yang selalu digunakan didalam bumbu masakan para masyarakat Indonesia ini ternyata efektif untuk menurunkan kadar kolestrol. Caranya sangatlah mudah karena Anda hanya perlu mengkonsumsi bawang putih setiap harinya sebanyak satu hingga dua siung bawah putih. Namun Anda juga dapat mencampurkannya kedalam berbagai makanan yang direbus bila dirasa memakan bawang putih secara langsung dianggap terlalu tidak enak rasanya.

5. Produk Kacang-kacangan

Bila Anda mempunyai kadar kolestrol yang tinggi sebaiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi Makanan Penurun Kolestrol yang terbuat dari kacang-kacangan seperti tempe maupun tahu yangterbuat dari kacang kedelai. Snamun perlu Anda ingat bila mengkonsumsi makanan tersebut pun Anda hanya dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus karena bila Anda meggorengnya maka kolestrol jahat Anda akan tambah meningkat karena minyak yang Anda pakai bisa saja merupakan minyak yang tidak sehat. Sehingga ada baiknya Anda menghindari minyak terlebih dahulu agar kadar kolestrol Anda menjadi stabil.

Kacang Almod pun merupakan suatu bahan pangan yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolestrol karena almond mengandung senyawa omega 3 yang dapat memerangi lemak jahat dan membantu menetralkan kadar kolestrol Anda.

6. Teh Hijau 

Asam amino yang terkandung didalam teh hijau merupakan salah satu contoh Makanan Penurun Kolestrol karena zat yang terkandung dalam teh hijau tersebut dapat meningkatkan kolestrol baik dan mencegah tumbuhnya kolestrol jahat.

7. Delima

Buah yang lebih dikenal dengan sebutan pome ini sangat baik untuk memerangi kolestrol karena dapat membersihkan plak-plak ditubuh sehingga tubuh menjadi bugar kembali dan kadar kolestrol menjadi stabil.

8. Bayam

Makanan yang satu ini ternyata mempunyai fungsi meningkatkan kolestrol baik dan memerangi kolestrol jahat. Jadi konsumsilah sayur ini secara rutin agar kolestrol baik Anda bertambah dan tidak ada lagi kolestrol jahat di tubuh Anda.

Artikel diatas merupakan penjelasan beberapa Makanan Penurun Kolestrol. Ada baiknya Anda lebih kritis memilih makanan yang akan Anda konsumsi sehingga tidak akan memperparah kadar kolestrol ditubuh Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »