Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan

Hampir disetiap sudut kota dimanapun Anda berada pasti terlihat orang sedang menghisap rokoknya.Para perokok tersebut tidak memperhatikan kesehatan masyarakat sekitarnya yang menjadi perokok pasif. Padahal sudah tercatat jelas peraturan Pemerintah bahwa ada aturan dilarang merokok ditempat-tempat umum. Hasil survey mencatat setiap tahunnya rokok merengut 4,9% nyawa manusia didunia dan lebih parahnya sekitar 70% menyerang Negara berkembang contohnya saja Indonesia. Efek Buruk Merokok sendiri telah banyak diberitahukan kepada masyarakat luas namun masyarakat tidak menanggapinya secara serius. Sebenarnya apa itu rokok? Dan kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya? Rokok adalah sebuah benda berbentuk silinder yang terbuat dari kertas mempunyai panjang 75 hingga 125mm dengan diameter antar 8 hingga 11mm yang berisi daun tembakau yang telah diproses dan dicacah. Kandungan yang terdapat didalam rokok salah satunya adalah nikotin. Apa Efek Buruk Merokok bagi Tubuh Anda ? Berikut akan dibahas beberapa efek negative yang ditimbulkan oleh rokok.

Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan

·         Impotensi
Efek Buruk Merokok satu ini sudah terbukti kebenarannya karena merokok dapat menyebabkan aliran darah menjadi terhambat sehingga mengurangi daya ereksi penis sehingga penis tidak dapat berfungsi secara maksimal. Dan efek ini harusnya membuat pria cemas dan menghentikan kebisaan merokok.

·         Keriput Di Wajah
Efek buruk merokok yang kedua yaitu dapat mengurangi jumlah aliran darah serta oksigen yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga kulit Anda menjadi keriput karena adanya penyempitan pembuluh darah terutama sangat terlihat diwajah Anda.

·         Menimbulkan Noda di Gigi dan Bau Mulut
Efek Buruk Merokok selanjutnya yaitu para perokok aktif biasanya akan memiliki warna gigi yang terlihat coklat kekuningan biarpun perokok tersebut telah menggosok gigi secararutin. Selain itu Bau mulut yang ditimbulkan oleh perokok aktif akan mengganggu orang sekitar. Karena merokok mempercepat tumbuhnya bakteri-bakteri jahat yang tumbuh subur di dalam mulut dan menyebabkan nafas perokok aktif menjadi bau.

·         Lingkungan Menjadi Bau
Biasanya para perokok pasif sering dibuat kesal oleh para perokok aktif karena rokok yang dihisap meninggalkan bau disetiap tempat walaupun rokok yang dihisap telah habis.Bahkan pakaian Andapun akan menjadi bau rokok bila sudah terkena asap rokok. Sungguh itu merupakan hal yang Anda hindari bukan.

·         Mempunyai Tulang Yang Rapuh
Para perokok aktif biasanya akan mengalami gangguan tulang seperti osteopo rosis Karena kandungan zat adiktif di dalam rokok yang menggorogoti tulang perokok aktif. Selain itu biasanya para perokok aktif bila terjatuh atau mengalami musibah akan mengalami patah tulang karena tulang yang ada di dalam perokok aktif lebih rapuh bila dibanding dengan orang yang tidak merokok.

·         Depresi
Dalam hal yang satu ini sebenarnya rokok mempunyai sisi positif dan negative Karena kandunngan zat adiktif rokok dapat meningkatkan perasaan yang lebih baik dan cenderung dapat melupakan masalah yang sedang dialami. Namun karena alas an tersebut pula yang menyebabkan rokok dianggap sebagai pelarian disaat mengalami depresi.

·         Sesuatu Yang Buruk untuk Anak.
Bagi Anda para orang tua yang merokok sebaiknya Anda tidak merokok didepan anak-anak Anda karena hal tersebut dapat membuat anak Anda berfikir untuk mencoba rokok yang akhirnya akan menimbulkan ketagihan hingga akhirnya kecanduan rokok.

Efek Buruk yang ditimbulkan oleh rokok sendiri masih sangat banyak salah satunya adalah kanker. Mulai dari kanker ginjal, kanker lambung dan kanker paru-paru. Dengan banyaknya efek buruk yang ditimbulkan oleh rokok ada baiknya Anda tidak merokok. Karena efek negative lebih banyak bila disbanding dengan efek positifnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »