Khasiat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Buah dengan kulit buah berwana hijau dan daging berwarna putih dilengkapi biji didalamnya ini merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Buah yang mempunyai nama latin Anona muricata Linn ini adalah tanaman yang berasal dari negara Amerika. Buah yang satu ini ternyata merupakan kerabat dari buah srikaya.Buah ini pun disebut sirsak karena menggunakan bahasa Belanda Zuurzak yang mempunyai arti kantung yang mempunyai rasa asam.Buah ini lebih populer bila telah dibuat jus karena rasanya yang masam membuat para penggemarnya memilih untuk mengolahnya terlebih dahulu. Karena bila dikonsumsi secara langsung maka rasa masamnya sangat terasa namun bagi sebagian yang menyukai rasa asam maka akan menggemari buah ini karena dianggap dapat meyegarkan tubuh mereka.

Khasiat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Kandungan dalam buah sirsak pun dibagi menjadi beberapa bagian yaitu sebanyak 67,5% gizi terkandung didalam daging buah, sebanyak 20% gizi terkandung didalam kulit buah, sebanyak 8,5% gizi terkandung didalam biji buah dan sebanyak 4% gizi terkandung didalam inti buah hebat bukan buah yang satu ini. Nutrisi yang terdapat didalam buah sirsak adalah air, karbohidrat, vitamin terutama vitamin C dan lebih mengejutkan lagi bila Anda mengkonsumsi sebanyak 300 g buah sirsak setiap harinya maka Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya tanpa harus takut menderita kekurangan vitamin C dan tanpa harus mengkonsumsi suplemen vitamin C lainnya.
Buah sirsak pun mengandung fosfor serta kalsium yang dapat membantu meningkatkan massa tulang sehingga membentuk Anda untuk mempunyai tulang yang kuat dan terhindar dari osteoporosis yang akan menyerang Anda seiring dengan bertambahnya usia Anda. Didalam buah sirsakpun terkandung kalium serta natrium yang mempunyai perbandingan sangat signifikan yaitu natrium sevesar 14 mg per 100gram serta kalium sebesar 278 mg per 100 gram. Namun hal tersebut justru menguntungkan karena dapat menjadi senjata ampuh dalam memerangi penyakit hipertensi. Hal yang menarik dari buah ini selain kandungan gizinya yaitu serat yang tinggi sehingga sangat cocok bagi menu wajib diet Anda. Dan berikut ini akan dijelaskan beberapa Khasiat Buah Sirsak untuk kesehatan.

1. Mencegah Penyakit Kanker
Zat Annonaceous Acetogenins yang terdapat pada dan sirsak, biji sirsak serta batang sirsak ini merupakan senyawa yang dapat menjadi senjata ampuh dalam menangkal penyakit kanker serta beberapa virus mematikan lainnya.

Dan menurut beberapa penelitian bahwa zat Annonaceous ini dapat menangkat 12 sel kanker yang ganas seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar, serta kanker lainnya.

2. Memperlancar dalam buang air kecil
Bagi Anda yang mengalami susah buang air kecil ada baiknya konsumsi jus sirsak secara rutin karena dapat memperlancar dalam buang air kecil dan jus sirsak pun dapat mengobati penyakit hati ringan maupun mengobati penyakit haematuria ( bila terjadi pencampuran antara darah putih dengan urin )

3. Menjauhkan dari Osteoporosis
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kandungan fosfor serta kalsium yang terkandung didalam buah sirsak dapat menguatkan tulang. Namun mineral yang terkandung didalam buah sirsak pun juga mengandung tembaga yang dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium kedalam Tulang-tulang Anda sehingga nutrisi didalam tulang Anda selalu tercukupi dan terhindar dari penyakit tulang.

4. Meningkatkan Energi
Kandungan thiamin yang terkandung didalam buah sirsak ternyata dapat meningkatkan kembali gairah energi Anda yang sudah mulai lelah dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Selain itu aroma dari jus sirsak serta rasanya yang manis asam tersebut dapat mengembalikan mood Anda menjadi lebih ceria serta lebih bersemangat bila dibandingkan dengan sebelumnya.

5. Meredakan sakit Migrain
Vitamin B2 yang terkandung didalam buah sirsak ini merupakan vitamin yang sangat efektif dalam meredakan ataupun menyembuhkan migrain. Cukup konsumsi daging buah sirsak secara langsung ataupun dengan membuat jus dari buah sirsak tentunya akan segera menyembuhkan migrain Anda.

6. Pencegah Anemia
Zat Besi yang terkandung didalam buah sirsak cukup tinggi sehingga efektif dalam mencegah terjadinya penyakit anemia yang akan menyerang tubuh Anda. Sehingga konsumsi buah ini secara rutin agar terhindar dari anemia.

7. Mengurangi Rasa mual
Taukah Anda bahwa ternyata biji sirsak mempunyai kandungan zat emesis yang berfungsi untuk menjaga kesehatan terutama bagi Anda yang mengalami rasa mual atau ingin muntah maka biji sirsak adalah obatnya. Untuk mengetahui cara pembuatannya Anda dapat mencarinya digoogle.

Sekian Khasiat Buah Sirsak yang dibahas didalam artikel ini.Semoga artikel tentang buah sirsak ini bermanfaat bagi Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »