5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang menyukai memasak tentunya kenal dengan bumbu masak yang satu ini. Ya, daun salam. Daun yang sering dijadikan tambahan dibumbu masak Anda ternyata tidak hanya membuat sedap masakan Anda namun juga mempunyai khasiat untuk kesehatan Anda. Tanaman ini pun sering pula menghiasi pekarangan rumah untuk mempercantik rumah. Karena daun salam ini cukup bagus untuk dijadikan hiasan didepan rumah. Kandungan vitamin maupun mineral yang terkandung didalam daun salam biasanya digunakan sebagai ramuan herbal untuk pengobatan alternatif. Melihat fungsinya tersebut, artikel ini akan membahas Manfaat Daun Salam secara lebih lengkap.
Manfaat Daun Salam:

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Pencernaan

Bila Anda memasak kemudian menambahkan daun salam kedalam masakan tersebut, maka Anda akan terhindar dari sakit pencernaan seperti diare ataupun sembelit. Daun salam dapat melancarkan sembelit sehingga pencernaan Anda akan terjaga dengan baik. Namun bila Anda mengalami diare, Anda cukup merebus beberapa lembar daun salam kemudian saring air rebusan tersebut. Tambahkan sedikit garam didalam larutan tersebut. Minumlah pada saat Anda sedang mengalami diare.

2. Mengatasi Hipertensi
Daun salam ternyata  juga memiliki manfaat untuk menurunkan hipertensi. Karena terdapat mineral yang berguna didalam daun salam tersebut sehingga konsumsilah rebusan dari daun salam tersebut setiap harinya agar hipertensi Anda segera turun. Selain itu daun salam juga dapat menurunkan darah tinggi caranya cukup merebus daun salam bersama daun sambiloto. Daun salam pun dapat melancarkan peredaran darah sehingga kesehatan Anda terjaga sepenuhnya.

3. Mengatasi Asam Urat
Rebusan Daun salam ternyata juga baik untuk mengatasi pesendian yang sakit ataupun asam urat. Walaupun asam urat lebih sering menyerang usia lanjut akan tetapi bagi anak muda pun pasti pernah mengalami nyeri sendi. Untuk mengobatinya cukup dengan meminum rebusan tersebut secara rutin setiap harinya. Dan jangan pernah Anda mencoba-coba obat medis yang terkadang hanya memperparah asam urat Anda. Jadi mulailah dengan mengkonsumsi obat-obatan tradisional yang tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh Anda.

4. Mengobati Sakit Mata.
Bila Anda mengalami sakit mata seperti mata merah ataupun bengkak Anda dapat merebus beberapa daun salam kemudian usapkan rebusan tersebut ke mata Anda secara rutin hingga mata Anda sembuh. Ini lebih aman bila dibanding harus menggunakan obat-obatan dokter. Karena selain harganya yang mahal, obat-obatan medis akan menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh bila berlangsung lama. Mulai saat ini mulailah hidup sehat dengan menggunakan obat-obatan tradisional.

5. Menjaga Kadar Kolestrol
Kolestrol yang tinggi tentunya akan meresahkan kesehatan Anda. Sehingga berbagai cara medis Anda tempuh untuk mendapatkan kadar kolestrol yang rendah. Hingga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit pun akan Anda lakukan demi kadar kolestrol yang seimbang. Namun saat ini Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun salam kemudian rebus setelah itu minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap harinya.

Ternyata banyak manfaat tentang daun salam ini yang mungkin baru Anda ketahui bukan? Jadi mulai saat ini bila Anda meginginkan kesehatan yang terjaga konsumsilah rebusan air daun salam secara rutin setiap harinya. Namun perlu Anda ingat daun yang telah direbus hanya dapat digunakan satu kali. Bila Anda merebus daun salam berkali-kali maka kandungan mineral yang ada didalam daun salam tersebut akan berkurang bahkan hilang sehingga tidak akan ada manfaatnya bagi tubuh. Jadi bila Anda ingin membuat ramuan daun salam tersebut lebih baik Anda merebus untuk dikonsumsi dihari itu juga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »