12 Makanan Yang Bisa Meringankan Nyeri Sendi

Rematik merupakan penyakit yang menyerang pada berbagai organ dan jaringan tubuh seperti sendi, otot, tulang, bahkan darah atau organ tubuh lainnya. Rematik bisa disebabkan oleh karena peradangan dan kegemukan. Peradangan dalam hal ini terjadi karena kelebihan hasil metabolisme purin yang tertimbun di persendian. Bagi penderita rematik bisa meringankan rasa sakit pada sendi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Beberpa makanan bisa menjadi sumber penyakit dan obat bagi penyakit Anda, bila Anda tahu khasiat dan manfaat makan makanan tersebut. Anda bisa mencoba untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan rematik? Berikut ini ada dua belas makanan yang baik untuk meringankan rasa sakit rematik.

Makanan Yang Bisa Meringankan Nyeri Sendi

1. Jahe
Jahe dianggap baik untuk bisa meringankan rasa sakit yang disebabkan karena radang sendi. Karena jahe mengandung fitonutrien yang memiliki efek kuat terhadap kesehatan tubuh kita. Jahe juga mempunyai efek anti-inflamasi yang baik untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi.

2. Nanas
Buah nanas kaya akan kandungan bromelain, yang merupakan enzim yang dapat protein. Buah tropis ini sangat baik untuk menurunkan peradangan dan membantu mengurangi nyeri sendi yang di sebabkan karena osteoarthritis. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah nanas adalah antara waktu makan. Hal ini dikarenakan enzim tersebut akan digunakan untuk mencerna makanan Anda.

3. Jeruk

Buah jeruk ini memiliki kandungan anti radikal bebas yang berperan dalam meringankan rasa sakit karena radang sendi.

4. Minyak zaitun
Minyak zaitun baik untuk kesehatan. Karena minyak zaitun ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan mengandung senyawa yang disebut oleocanthal. Senyawa ini mempunyai manfaat dapat mencegah peradangan yang berhubungan dengan arthritis.

5. Apel
Apel membantu meringankan rasa sakit yang di sebabkan oleh radang sendi. Buah mangga ini juga memiliki kandungan boron, merupakan mineral yang muncul untuk mengurangi risiko osteoarthritis.

6. Cabai
Cabai mengandung capsaicin. Senyawa ini dapat membantu menghasilkan panas dalam tubuh. Panas yang dihasilkan oleh cabai  dapat membantu menghambat rasa nyeri dengan mendorong sel-sel saraf tertentu.

7. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu ramuan tradisional yang dapat membantu untuk  meringankan rasa sakit karena radang sendi. Karena bawang putih mengandung belerang yang telah dikenal selama bertahun-tahun dapat membantu meredakan nyeri dan gejala arthritis.

8. Ikan
Makan ikan merupakan cara terbaik untuk menyembuhkan nyeri arthritis.

9. Mangga
Buah Mangga adalah salah satu buah yang dapat meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. Karena buah mangga mengandung antioksidan yang tinggi dan vitamin C.

10. Anggur
Buah anggur merupakan salah satu buah terbaik untuk meringankan rasa sakit karena arthritis. Buah anggur mengandung banyak protein yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi.

11. Pepaya
Buah pepaya merupakan salah satu obat tradisional yang sudah di percaya sejak dulu untuk menyembuhkan dan meringankan rasa sakit karena radang sendi. Buah pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kandungan vitamin C yang terdapat di buah pepeya baik untuk mengatasi keluhan arthritis di kaki.

12. Mengkudu
Buah mengkudu sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. Sejak dahulu banyak orang yang menggunakan daun dan buah mengkudu sebagai obat alami untuk meringankan rasa nyeri pada sendi. Buah mengkudu juga memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif digunakan sebagai morfin sulfat dalam mengurangi rasa nyeri pada sendi.

Itulah dua belas makanan yang dapat meringankan rasa nyeri pada sendi karena rematik. Anda bisa mencobanya dirumah apbila Anda sedang mengalami rasa nyeri pada sendi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »