9 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Di Negeri yang sangat gemah ripah lohjinawi ini Indonesia menghasilkan banyak tananaman obat yang dapat dimanfaatkan oleh penduduknya untuk mengobati segala jenis penyakit. Mulai dari penyakit yang biasa seperti penyakit kulit ataupun penyakit berbahaya seperti tumor dan kanker, tanaman obat di Indonesia menyajikan semuanya secara lengkap dan tergantung bagaimana Anda meramunya menjadi produk obat yang mujarab. Dan kali ini akan membahas Manfaat Daun Sirih yang sudah terkenal manfaatnya dari jaman dahulu. Tanaman yang memiliki nama latin Piper Betle, Linn ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut akan dijelaskan lebih rinci Manfaat Daun Sirih.
Manfaat Daun Sirih yang dimanfaatkan untuk kesehatan:

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

1. Untuk Mengobati Keputihan.

Bila Anda mengalami keputihan daripada Anda harus meminum obat bahkan membersihkannya dengan cairan yang banyak beredar saat ini, lebih baik Anda menggunakan daun sirih ini. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus 7 lembar atau lebih daun sirih didalam 2 liter air. Tunggu hingga mendidih. Setelah itu air hasil rebusan tersebut basuhkan pada area intim vagina pada saat hangat.

2. Mengobati Alergi

Manfaat Daun Sirih ini pun dapat mengobati penyakit kulit seperti biduran dan alergi caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 7 lembar daun sirih, 1 ruas jahe, 1 hingga 2 sendok makan kayu putih. Bahan tersebut ditumbuk dan dioleskan pada bagian yang gatal.

3. Mengobati Diare

Daripada Anda mengobati diare dengan meminum obat warung ada baiknya Anda membuat ramuan dari daun ini. Caranya yaitu sediakan 7 lembar daun sirih, beberapa butir biji lada, 1 hingga 2 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan tersebut dan oleskan pada perut. Biarkan mengering.

4. Mengehntikan darah yang keluar

a. Bila gusi Anda berdarah siapkan 7lembar daun sirih dan rebus. Bila sudah mendidih air rebusan daun sirih tersebut dinginkan dan setelah dingin kumur-kumurlah maka gusi Anda yang berdarah akan segera berhenti mengeluarkan darah.

b. Dapat mengobati mimisan. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu mengambil 1 lembar daun sirih kemudian gulun dan masukkan kedalam hidung. Hal ini terbukti ampuh dapat menghentikan mimisan.

6. Mengobati Sakit Gigi

Bila Anda mengalami sakit gigi, daun sirihlah pengobatnya. Caranya ambil beberapa daun sirih kemudian rebus dengan air secukupnya. Dan gunakan air tersebut untuk berkumur.

7. Mengatasi Batuk

Anda mengalami sakit batuk? Anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun sirih, 4 daun bidara selain itu siapkan pula madu. Rebus daun sirih dan bidara kemudian air rebusan tersebut beri madu secukupnya. Pakai untuk berkumur namun metode berkumur yang dipakai sebaiknya metode berkumur yang dapat menjangkau tenggorokan Anda.

8. Memperlambat Produksi ASI

Bagi Anda Ibu yang baru saja melahirkan tentunya akan mengeluarkan ASI dan biasanya ada yang mendapatkan karunia berlebih dengan keluarnya ASI secara berlebih. Karena mengeluarkan ASI secara berlebih merupakan tindakan yang mubazir maka Anda perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirih kemudian dipanggang namun jangan sampai gosong. Dan tempelkan disekitar payudara Anda pada saat masih hangat.

9. Penyakit Jantung

Bila Anda mengalami penyakit jantung Anda perlu melakukan cara tradisional ini. Caranya mudah yaitu siapkan 5 lembar daun sirih, 7 atau lebih biji kemukus, bawang merah 3 siung, jintan putih 1 sendok makan. Bahan-bahan tersebut ditumbuk setelah itu siramkan beberapa sendok air panas. Peras dan minum ramuan tersebut secara teratur.

Artikel diatas merupakan penjelas beberapa Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »