16 Tips Cara Merawat Wajah agar Kelihatan Putih, Bersih, Cerah Secara Alami dan Bebas Jerawat

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi pusat perhatian utama bagi setiap orang, baik itu pria atau wanita. Untuk itu ada banyak cara untuk merawat wajah agar mendapatkan wajah yang sehat, putih, bersih, dan terbebas dari jerawat atau komedo. Sebenarnya cara untuk merawat wajah tidaklah susah itu semua tergantung bagaimana cara kita merawatnya dan membersihkannya.

Ada berbagai cara untuk merawat wajah dari yang tradisional maupun medis yang bisa anda lakukan untuk membuat kulit menjadi lebih putih. Tentu saja, memiliki kulit putih dan mulus merupakan dambaan bagi setiap wanita, karena mempunyai warna kulit yang cerah cenderung identik dengan kecantikan. Selain itu, mayoritas masyarakat di Indonesia juga menganggap orang dengan kulit putih terlihat lebih menarik untuk dipandang. Apa saja bahan-bahan alami yang bisa membuat kulit anda makin bersinar cerah dan mulus?

 16 Tips Cara Merawat Wajah agar Kelihatan Putih, Bersih, Cerah Secara Alami dan Bebas Jerawat

1. Putih Telur
Putih Telur juga mengandung zat-zat yang dapat membuat kulit jadi lebih putih. Zat-zat tersebut adalah lutein dan zeaxanthin. Kedua zat itu berfungsi untuk menjaga keindahan kulit dengan cara melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari atau ultraviolet yang bisa membuat sel - sel kulit Anda rusak. Namun tak hanya itu saja, putih telur juga dapat membantu menjaga kekencangan kulit dan melembabkannya serta membuat kulit menjadi lebih lembut.

2. Tomat
Tomat kaya akan zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar ultraviolet, mengurangi komedo, dan membuat warna kulit wajah menjadi cerah. Yaitu dengan cara haluskan satu buah tomat, lalu campurkan dengan sesendok madu, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat.

3. Soya
Bahan selanjutnya yang bisa membuat kulit Anda lebih cerah adalah soya. Makanan yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan ini kaya akan isoflavon yang sering disebut dengan aglycone. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan yang terdapat di soya dapat membuat kulit lebih cerah dan bebas kerutan.

4. Apel
Untuk mendapatkan kulit tampak bersinar dalam waktu 10 hari, campurkan bubur apel dengan satu sendok madu. lalu oleskan merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit sampai mengering. Kemudian bilas dengan menggunakan air mawar.

5. Buah Strawberi
Buah ini cukup disukai oleh kebanyakan orang jika dikonsumsi sebagai jus. Kebanyakan orang  tidak tahan memakannya secara langsung karena rasa buah tersebut yang cukup asam. Karena menurut para ahli-ahli kecantikan buah strawberi mengandung vitamin C yang cukup tinggi, karena dalam segelas jus strawberi memiliki kandungan vitamin C mencapai 130%.

Vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mengeluarkan serat kolagen. Serat inilah yang membuat kulit kita akan menjadi lebih kenyal dan semakin lembut. Vitamin C juga bisa mencerahkan kulit dan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak akan menyamarkan garis-garis yang muncul pada kulit wajah kita.

6. Kentang
Tidak banyak orang yang menyangka bahwa kentang memiliki khasiat yang hebat untuk membuat kulit anda menjadi lebih indah dan halus. Kentang memang merupakan sayuran yang banyak mengandung karbohidrat serta vitamin E yang berfungsi untuk memberi nutrisi yang optimal pada kulit anda. Selain enak dikonsumsi, ternyata sayuran ini juga memiliki berbagai macam khasiat tersembunyi di dalamnya.

Cara membuat kentang sebagai masker pemutih kulit Anda tidaklah sulit. Parutlah sayuran ini hingga halus, campurkan dengan sedikit madu (lebih disarankan untuk menggunakan madu murni), lalu gunakanlah sebagai masker di wajah anda selama kurang lebih 15 menit.

7. Jeruk
Jeruk sangat baik untuk menghilangkan noda gelap pada kulit wajah anda. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat bubuk dari kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Kemudian tambahkanlah  beberapa tetes susu bubuk untuk membuat pasta halus. Kemudian gunkanlah pasta ini pada bagian wajah dan leher. Bilas dengan menggunakan air dingin setelah menjadi kering.

8. Buah Pepaya
Wajah yang mulai mengalami penuaan dini dapat memanfaatkan buah pepaya untuk meremajakan kulit karena pepaya dapat menganggkat sel-sel mati dan mencegah munculnya kerutan pada wajah. Buah pepaya ranum yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan satu sendok madu untuk dijadikan masker wajah yang berkhasiat. Oleskan masker pepaya ini ke wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan masker ini untuk seminggu sekali.

9. Buah Melon
Buah melon merupakan astrigent alami yang dapat dimanfaatkan sebagai tonik dan memberi efek untuk mendinginkan kulit karena terbakar oleh sinar ultraviolet. Jadi gunakanlah setelah Anda seharian beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari, buah melon dapat membuat kulit wajah menjadi rileks. Caranya adalah dengan mengompres wajah dengan menggunakan melon yang telah diiris tipis-tipis selama 20 menit dan kemudian bilas wajah.

10. Beras Ketan
Beras ketan sudah lama diketahui mempunyai khasiat dalam merawat kulit. Perawatan wajah dengan mengunakan beras ketan cukup mudah dan bahannya pun mudah untuk didapat. Ketika akan menggunakan beras ketan untuk perawatan wajah, cuci beras ketan tersebut dengan cara menyiram air, jangan direndam dalam air. Lalu, masukan beras ketan yang sudah bersih kedalam kain satin atau katun. Kemudian, tumbuk beras dalam kain tersebut hingga menjadi halus secara perlahan-lahan. Setelah, beras tersebut sudah menjadi tepung, celupkan beras yang di tumbuk tadi ke dalam air hangat. Diamkan hingga air tersebut  berubah warna seperti air susu. Kemudian, usapkan kain yang berisi beras tumbukan tadi ke wajah secara merata dan diamkan selama dua menit.

11. Almond
Almond memang tidak terlalu populer di Indonesia dan lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran coklat dan kue. Kacang yang memiliki rasa khas dan sangat gurih ketika dikonsumsi ternyata kacang Almond ini sangat bermanfaat dalam revitalisasi kulit dan membuat kulit wajah anda tampak menjadi lebih cerah bercahaya. Kacang Almond juga memiliki berbagai macam nutrisi yang dapat memacu regenerasi kulit.

Cara untuk menggunakan almond sebagai bahan pemutih kulit cukup mudah. Siapkan satu gelas susu cair, dan rendam sekitar lima buah biji almond dan satu ruas kunyit di dalamnya. Setelah seharian, angkat kacang almond dan kunyit tersebut, lau tumbuk hingga halus, dan gunakanlah sebagai krim wajah alami untuk memutihkan kulit.

12. Alpukat
Buah alpukat tidak hanya lezat dikonsumsi, namun minyaknya memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi lebih putih berseri. Biasanya, minyak alpukat ini banyak dijual di berbagai toko kosmetik sebagai bahan alami untuk membersihkan kulit. Minyak alpukat mempunyai nutrisi yang tinggi untuk membuat kulit wajah Anda lebih sehat, selain itu minyak alpukat sangat bermanfaat sebagai pemicu revitalisasi sel-sel baru. Kegunaan yang utama dari minyak alpukat adalah sebagai bahan pembersih kulit, terutama dari berbagai riasan make-up di wajah.

13. Teh
Teh memiliki kandungan zat anti oksidan yang dapat mencegah kanker, selain itu teh juga berguna untuk perawatan kulit wajah Anda yang dapat membantu memutihkan kulit anda. Pilihlah berbagai macam teh herbal yang memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi dan konsumsilah secara rutin untuk membantu proses pemutihan kulit dari dalam. Selain itu, teh juga dapat merevitalisasi sel-sel baru dan meremajakan kulit Anda, bisa juga menggunakan air campuran teh (tentu saja tanpa campuran gula dan krim) yang diseduh dengan air hangat. Kemudian gunakanlah larutan ini untuk membilas wajah sebelum tidur untuk merapatkan pori-pori dan memberikan nutrisi ekstra bagi kulit wajah.

14. Bunga Chamomile
Bunga ini mungkin sering anda temukan sebagai campuran berbagai macam kosmetik atau sebagai pemberi aroma tambahan bagi teh. Tak cuman hanya itu saja, chamomile sangat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih putih dan cantik alami. Selain itu, chamomile juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk menjaga kesehatan mata.

Selain memiliki fungsi sebagai sumber nutrisi, Chamomile juga sangat membantu untuk proses penyembuhan luka atau bengkak yang mungkin terjadi pada kulit. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi berbagai produk kecantikan yang mengandung Chamomile di dalamnya.

15. Paprika
Siapa sangka sayuran yang sering digunakan sebagai topping pizza ini memiliki khasiat yang bagus untuk memutihkan kulit. Paprika memiliki berbagai kandungan vitamin yang menyehatkan kulit dan membuat wajah menjadi lebih bersinar. Namun jangan salah, untuk mendapatkan khasiat yang optimal dari paprika anda harus menggunakannya sebagai masker.

Cara menggunakan paprika sebagai masker kulit juga tidaklah sulit. Anda bisa menghaluskan campuran  antara paprika hijau dan merah dengan menggunakan parutan atau blender. Kemudian campurlah dengan sedikit air dingin, lalu gunakan campuran ini sebagai masker wajah.

16. Yoghurt
Produk olahan susu ini tidak hanya bisa memperlancar pencernaan, namun juga sangat berkhasiat untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan putih. Yoghurt bisa dikonsumsi secara teratur sebagai pencuci mulut setelah makan dan bisa juga ditambahkan dengan sedikit bahan pemanis untuk membuatnya terasa lebih nikmat ketika disantap sebagai makanan.

Untuk mendapatkan khasiat yang optimal dalam memutihkan wajah, anda bisa menggunkan bahan campuran antara yoghurt dengan beberapa tetes madu dan aduk sampai rata. Gunakanlah campuran tersebut untuk melumuri wajah anda, dan diamkanlah selama kurang lebih 8 menit. Setelah itu, bilas wajah anda hingga bersih dengan air dingin.

Ke enam belas pemutih wajah tradisional di atas bukanlah merupakan bahan-bahan alami yang tidak sulit anda ditemukan. Bahkan keberadaan bahan-bahan alami tersebut sangat banyak tersebar di pasaran dan bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah. Menggunakan bahan-bahan alami sangat baik untuk memutihkan wajah Anda dan bahan-bahan alami tersebut sama sekali tidak memberikan efek samping. Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami jika ingin membuat kulit tampak lebih putih.

Pemutih wajah tradisional patut untuk dicoba. Selain karena keberadaannya yang mudah didapat dan karena harganya yang murah juga karena bahan-bahan tersebut sama sekali tidak mengandung bahan-bahan kimia. Penggunaannya tidak menyebabkan efek samping yang berarti. Cobalah gunakan bahan-bahan alami tersebut untuk membuat kulit tampak lebih putih dan buktikan hasilnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »