6 Makanan Sehat Yang Mampu Menguatkan Fungsi Ginjal

Penyebab penyakit ginjal bervariasi yang paling umum dikaitkan dengan orang-orang dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan mereka yang sudah berusia lebih dari 60 tahun ke atas. Riwayat keluarga juga dapat menempatkan seseorang pada risiko terkena penyakit ginjal. Selain itu, penyebab penyakit ginjal juga dikaitkan dengan obesitas atau berat badan berlebih, penyakit autoimun, infeksi saluran kemih dan infeksi lainnya juga berkontribusi terhadap risiko terkena penyakit ginjal. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menguatkan ginjal.
6 Makanan Sehat Yang Mampu Menguatkan Fungsi Ginjal

1. Paprika merah
Paprika merah merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang peduli tentang kesehatan organ ginjal, karena paprika merah rendah akan kandungan kalium. Selain itu, paprika merah juga banyak mengandung serat, asam folat, dan vitamin A, C, B6.

Paprika merah juga mengandung antioksidan likopen, yang dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis penyakit kanker. Anda bisa mengolahnya dengan cara memanggang atau menambahkan paprika merah pada omelet.

2. Kubis
Kubis merupakan sayuran yang kaya akan fitokimia, senyawa kimia yang dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu. Senyawa fitokimia bekerja dengan cara memecahkan radikal bebas. Senyawa fitokimia juga diyakini dapat memerangi kanker dan mendukung kesehatan jantung.

Kubis juga banyak mengandung vitamin C dan K, tinggi serat dan sumber yang baik dari vitamin B6 dan asam folat, namun kubis juga rendah kalium, sehingga sangat ramah untuk ginjal.

3. Kembang kol
Kembang kol juga termasuk makanan super yang sangat ramah pada ginjal. Sayuran ini juga banyak mengandung vitamin C, serat dan asam folat. Selain itu, kembang kol juga mengandung senyawa yang dapat membantu hati menetralisir zat beracun.

Kembang kol juga dapat dimakan mentah dengan menambahkan saus atau salad. Kembang kol juga bisa dimasak dengan cara ditumis. Namun jangan sampai terlalu layu karena vitaminnya bisa hilang.

4. Bawang putih
Bawang putih sudah lama dikenal dengan manfaatnya yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan. Bawang putih juga mengandung banyak antioksidan dan memiliki sifat anti-pembekuan. Memasak dengan menggunakan bahan bawang putih tidak akan mempengaruhi sifat antioksidan yang terdapat di bawang putih, akan tetapi dapat mengurangi efek anti-pembekuan dan anti-inflamasinya.

5. Bawang merah
Bawang merah kaya akan kandungan flavonoid, khususnya quercetin. Flavonoid adalah bahan kimia alami yang mencegah penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Quercetin merupakan antioksidan kuat yang diyakini dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan melindungi tubuh terhadap segala jenis penyakit kanker. Bawang merah juga memiliki sifat anti-inflamasi.

6. Buah Apel
Buah Apel kaya akan kandungan serat dan memiliki sifat anti-inflamasi, buah apel juga dapat membantu Anda untuk mengurangi kolesterol, mencegah penyakit jantung, mencegah sembelit dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Itulah ke enam makanan sehat yang baik untuk kesehatan ginjal Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »